Uraian dari setiap Kompetensi Dasar untuk setiap
kompetensi inti adalah sebagai berikut.
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
KI-1.
Menerima ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
Mempercayai adanya
Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
|
1.2.
Menghargai diri
sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
||
KI-2.
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya
diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri,
jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau
pengasuh, dan teman
|
2.1.
Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
|
2.2.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
||
2.3.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
||
2.4.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
||
2.5.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
|
||
2.6.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan
sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
|
||
2.7.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran,
mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
||
2.8.
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
||
2.9.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika
diminta bantuannya
|
||
2.10. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
kerjasama
|
||
2.11.
Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
|
||
2.12. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
||
2.13.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua,
pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
|
||
KI-3.
Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi,
seni, dan budaya di rumah, tempat
bermain dan satuan PAUDdengan cara: mengamati dengan indra
(melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan
informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan
melalui kegiatan bermain
|
3.1.
Mengenal kegiatan
beribadah sehari-hari
|
|
3.2.
Mengenal perilaku
baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
||
3.3.
Mengenal anggota
tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik
halus
|
||
3.4.
Mengetahui cara hidup
sehat
|
||
3.5.
Mengetahui cara
memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
|
||
3.6.
Mengenal benda -benda
disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
||
3.7.
Mengenal lingkungan
sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
|
||
3.8.
Mengenal lingkungan
alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
||
3.9.
Mengenal teknologi
sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan,
dll)
|
||
3.10. Memahami
bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
||
3.11. Memahami
bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
||
3.12. Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain
|
||
3.13. Mengenal
emosi diri dan orang lain
|
||
3.14. Mengenali
kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
||
3.15. Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
|
||
KI-4.
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui
bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta
mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
4.1.
Melakukan kegiatan
beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
|
4.2.
Menunjukkan perilaku
santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
||
4.3.
Menggunakan anggota
tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
||
4.4.
Mampu menolong diri
sendiri untuk hidup sehat
|
||
4.5.
Menyelesaikan masalah
sehari-hari secara kreatif
|
||
4.6.
Menyampaikan tentang
apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk,
ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
|
||
4.7.
Menyajikan berbagai karyanya
dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi)
|
||
4.8.
Menyajikan berbagai
karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan alam (hewan,
tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
||
4.9.
Menggunakan teknologi
sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan,
dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
||
4.10. Menunjukkan
kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
||
4.11. Menunjukkan
kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non
verbal)
|
||
4.12. Menunjukkan
kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
||
4.13. Menunjukkan
reaksi emosi diri secara wajar
|
||
4.14. Mengungkapkan
kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
||
4.15. Menunjukkan
karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
CONTOH
KOMPETENSI ISI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
KI-1:
Menerima ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
-
Benda-benda ciptaan
Tuhan: batu, gunung, pasir, dst
-
Makhluk hidup ciptaan
Tuhan: binatang, manusia, tumbuhan
-
Gejala alam: hujan,
siang-malam, awan, dll
|
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
- memelihara diri sendiri: bangga dengan diri
sendiri, tidak mengejek teman,
- memelihara benda: membersihkan, menyimpan yang
masih diperlukan, menggunakan dengan tepat.
- memelihara makhluk hidup yang ada di sekitar:memberi
makan, menyiram bunga, dll
|
|
KI-3:
Mengenali diri, keluarga,
teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan
budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan
indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan
informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui
kegiatan bermain
|
3.4 Mengetahui cara hidup sehat
|
-
Makanan, dan minuman
sehat: makanan/minuman yang diperlukan tubuh, kandungan, zat makanan,
kehalalan,
-
Kebiasaan sehat:
mencuci tangan, menggosok gigi, merawat mata, merawat gigi, merawat telinga
-
Lingkungan
sehat:membuang sampah,
|
3.6 Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
- warna primer dan sekunder: biru, merah, kuning,
ungu, hijau, jingga, merah muda
- bentuk: lingkaran, segi tiga, persegi,
persegi pajang, oval, kubus, kerucut, tabung
- ukuran: besar-kecil, panjang, pendek,
berat-ringan, lama-sebentar, sekarang-kemarin-besok.
- Pola: pola satu indicator AB-AB, ABC-ABC.
Pola dua indicator AB-AB, ABC,ABC
- Sifat: cair-padat-gas
-
suara: sumber suara, jenis suara, cepat-lambat suara, keras-lunak,
tinggi-rendah, dll
|
|
Dll
|
|
|
LATIHAN KERJA
1
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
KI-1: Menerima ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
|
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
|
|
KI-2: Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif
dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama,
mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan
keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
|
2.1. Memiliki perilaku yang
mencerminkan hidup sehat
|
|
2.2. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap ingin tahu
|
|
|
2.3. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap kreatif
|
|
|
2.4. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap estetis
|
|
|
2.5. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap percaya diri
|
|
|
2.6. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan
|
|
|
2.7. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang
lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
|
|
2.8. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain Memiliki perilaku
yang mencerminkan kemandirian
|
|
|
2.9. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
|
|
|
2.10. . Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
|
|
|
2.11. Memiliki
perilaku yang dapat menye-suaikan diri
|
|
|
2.12. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab
|
|
|
2.13. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
|
|
2.14 . Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua,
pendidik, dan teman
|
|
|
KI-3: Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau
pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat
bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat,
mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi;
mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui kegiatan
bermain
|
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
|
|
3.2 Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
|
|
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk
pengembangan motorik kasar dan motorik halus
|
|
|
3.4 Mengetahui cara hidup sehat
|
|
|
3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan
berperilaku kreatif
|
|
|
3.6
Mengenal benda
-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri
lainnya)
|
|
|
3.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat
tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi)
|
|
|
3.8 Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah,
air, batu-batuan, dll)
|
|
|
3.9 Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga,
peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
|
|
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
|
|
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara
verbal dan non verbal)
|
|
|
3.12 Mengenal keaksaraan awal
melalui bermain
|
|
|
3.13 Mengenal emosi diri dan orang
lain
|
|
|
3.14 Mengenali kebutuhan, keinginan,
dan minat diri
|
|
|
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
|
|
|
KI-4: Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan
dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan
kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
4.1 Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
|
4.2 Menunjukkan perilaku santun
sebagai cerminan akhlak mulia
|
|
|
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
|
|
|
4.4 Mampu menolong diri sendiri untuk
hidup sehat
|
|
|
4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari
secara kreatif
|
|
|
4.6 Menyampaikan tentang apa dan
bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran,
pola, sifat, suara, tekstur, fungsi,
dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
|
|
|
4.7 Menyajikan berbagai karyanya dalam
bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan
sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
|
|
|
4.8
Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita,
bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
|
|
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
|
|
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
|
|
|
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa
ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
|
|
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan
awal dalam berbagai bentuk karya
|
|
|
4.13 Menunjukkan reaksi emosi diri
secara wajar
|
|
|
4.14 Mengungkapkan kebutuhan,
keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
|
|
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan
berbagai media
|
|
No
|
Aspek
Perkembangan
|
Kompetensi
dasar
|
1
|
Nilai Agama dan Moral
|
|
2
|
Fisik-Motorik
|
|
3
|
Kognitif
|
|
4
|
Bahasa
|
|
5
|
Sosial-emosional
|
|
6
|
Seni
|
Contoh Perencanaan Program Semester
CONTOH PROGRAM SMESTER
PAUD
TK "KENCANA"
No
|
Tema
|
Sub Tema
|
KD
|
Waktu
|
1
|
Diriku
|
1.
Tubuhku
2.
Kesukaanku
3.
Identitasku
|
1.1, Mempercayai
Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2 Menghargai diri, orang lain, & lingk
2.1 Perilaku hidup sehat
2.2 Perilaku sikap ingin tahu
2.4 Sikap estetis
2.5 sikap percaya diri
3.1 dan 4.1 Kegiatan ibadah
sehari-hari
3.3 dan 4.3 Mengenal
anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya
3.7 dan 4.7
Mengenal lingkungan keluarga
3.10 dan 4.10 Mampu menyimak cerita
|
Juli m. 2 s/d m. 4
|
2
|
Keluargaku
|
1. Anggota Keluargaku
2. Pekerjaan keluargaku
|
1.1 Mempercayai Tuhan melalui ciptaanNya
1.2 Menghargai diri, orang lain,
& lingk
2.3 Sikap kreatif
2.5 sikap percaya diri
2.8 Sikap Kemandirian
2.10 Sikap kerjasama
3.3
dan 4.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya
3.4 dan 4.4 Cara hidup sehat
3.12 dan 4.12 keaksaraan awal
|
Agustus m.1 dan m.2
|
3
|
Binatang peliharaan
|
1.
Ayam
2.
Kambing
3.
Burung
|
1.2 Menghargai lingk sebagai rasa syukur
2.1 Perilaku hidup sehat
2.3.
Sikap kreatif
2.13.
Sikap santun kepada orang tua, guru, dan teman
3.1.
Kegiatan beribadah sehari-hari
3.6.
Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat,
suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
3.8.
Mengenal lingkungan alam (hewan)
3.14.
Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
Agustus m 3 dan 4
|
4
|
Tanaman
|
1.
Sayuran
2.
Buah-buahan
3.
Umbi-umbian
|
1.2 Menghargai lingk sebagai rasa syukur
2.1 Perilaku hidup sehat
2.3.
Sikap kreatif
2.13.
Sikap santun kepada orang tua, guru, dan teman
3.1.
Kegiatan beribadah sehari-hari
3.6.
Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat,
suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
3.8.
Mengenal lingkungan alam (hewan)
3.14.
Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
September m 1 - m4
|
|
Dst
|
|
Dst
|
Dst
|
Contoh:
RENCANA PROGRAM
MINGGUAN (RPM)
TAMAN KANAK-KANAK
KENCANA
Smester :
1/Juli/Minggu ke 2-3-4
Tema : Diriku
Kelompok : B (usia 5-6 Tahun)
KD :
1.1 – 1.2 – 2.3 – 2.5 – 2.8 – 2.10 – 3.3-4.3 – 3.4-4.4 – 3.12-4.12
No
|
Sub Tema
|
Materi
|
Rencana Kegiatan
|
1.
|
Tubuhku
|
1.
Tubuhku
ciptaan Tuhan
2.
Berterima kasih
sebagai kebiasaan sopan
3.
Bagian
tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh
4.
Kerapihan
berpakaian
5.
Doa sebelum
dan sesudah belajar
6.
Nama
anggota tubuh dan merawatnya
7.
Keaksaraan
awal nama anggota tubun
|
1.
Membuat
bingkai foto dengan ragam media
2.
Membuat
boneka dari bahan bekas
3.
Menggambar
dan Melukis orang
4.
Gerak dan
lagu tentang tubuh
5.
Membuat
anggota tubuh dengan ragam media
6.
Bermain
peran di Rumah Sakit Mata
7.
Melengkapi
huruf sesuai dengan gambar anggota tubuh dengan berbagai media
8.
Mengelompokkan
gambar anggota tubuh dengan berbagai media
9.
Membuat
bangunan rumah dengan balok
10. Dst
|
2
|
Kesukaanku
|
1. Tuhan
menciptakan makananku
2. berbicara
sopan menggunakan kata terima kasih
3. menggosok
gigi setelah makan
4. Kerapihan
menyimpan sepatu
5. doa
sebelum dan sesudah makan
6. nama
anggota tubuh dan merawatnya
7. mengenal
tulisan nama makanan kesukaannu
|
-
|
3
|
Identitasku
|
1. Tuhan
menciptakan manusia
2. berbicara
sopan menggunakan kata tolong, maaf,
3. Cara
mencuci tangan dengan sabun
4. Kerapihan
berpakaian
5. doa
sebelum dan sesudah belajar dan makan
6. Ciri-ciri
tubuhku dan tubuh temanku
7. Mengenal
tulisan nama sendiri
|
|
CONTOH PENULISAN RPPH
Contoh 1. Model Sentra
Semester / bulan/Minggu ke : 1/Juli/2
Hari / Tanggal : Senin /14 Juli 2014
Kelompok / Usia : B/5 – 6 Tahun
Tema / Sub Tema : Diriku/Tubuhku
Materi :
Tubuhku ciptaan Tuhan
Menjawab
pertanyaan dengan sopan
Bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh
Kerapihan berpakaian
Doa sebelum dan sesudah belajar
Nama anggota tubuh dan merawatnya
Keaksaraan awal nama anggota tubuh
Kegiatan Main di : Sentra Persiapan
Alat dan bahan:
- Huruf-huruf dari kertas atau plastic
- Kertas
manila, gunting, lem, kapas, foto diri
- Kertas,
spidol, krayon
- Gambar
anggota tubuh, gunting, kertas untuk menempel, lem
PROSES KEGIATAN:
A. Pembukaan
1. Bernyanyi
“ AKU”
2. Tepuk
“AKU”
3. Mengamati
diri sendiri (cirri-ciri, atribut yang dikenakan, huruf-huruf nama diri)
4. Berdiskusi
bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan yang harus dijaga
5. Diskusi
yang harus dilakukan sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas tubuhnya
6. Berdiskusi
cara berpakaian yang bersih, sopan, dan rapi sebagai bentuk menjaga tubuh
7. Berdoa
sebelum belajar
8.
Menggunakan kata
tolong, terima kasih, dan maaf dalam setiap kesempatan yang tepat
9.
Mengenalkan kegiatan
dan aturan yang digunakan bermain.
B. Inti
1. Menyusun
huruf nama diri
2. Membuat
hiasan dinding dengan foto diri
3. Menggambar
foto diri
4. Menggunting
dan menempel anggota tubuh
Recalling:
1. Merapikan
mainan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila
ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
C. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan selama hari ini
2. Berdiskusi
kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan
kegiatan untuk esok hari
5. Berdoa
setelah belajar.
D. RENCANA
PENILAIAN
1.
Sikap:
a.
Menyadari tubuhnya sebagai ciptaan Tuhan
b.
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.
Pengetahuan dan keterampilan:
a.
Menunjukkan bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain
b.
Menjaga bajunya agar tetap rapi
c.
Dapat berdoa sebelum dan sesudah belajar
d.
Dapat merawat anggota tubuhnya
e.
Dapat menunjukkan huruf awal dari nama anggota tubuh
contoh 2: RPPH
Model AREA
Semester / bulan/Minggu ke : 1/Juli/2
Hari / Tanggal : Senin /14 Juli 2014
Kelompok / Usia : B/5 – 6 Tahun
Tema / Sub Tema : Diriku/Tubuhku
Materi :
Tubuhku ciptaan Tuhan
Menjawab
pertanyaan dengan sopan
Bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh
Kerapihan berpakaian
Doa sebelum dan sesudah belajar
Nama anggota tubuh dan merawatnya
Keaksaraan awal nama anggota tubuh
Kegiatan
Main :1. Menyusun
huruf nama diri (area baca tulis)
2.
Menyiapkan sarapan di dapur (area drama)
3.
Melukis dengan cat air (area seni)
4.
Bermain balok (area balok)
Alat dan bahan:
- Huruf-huruf dari kertas atau plastic
- Alat-alat
dapur dengan setting dapur untuk main peran menyiapkan sarapan pagi
- Kertas,
cat air, kuas
- Set
balok
PROSES KEGIATAN:
A. Pembukaan
1. Bernyanyi
“ AKU”
2. Tepuk
“AKU”
3. Mengamati
diri sendiri (cirri-ciri, atribut yang dikenakan, huruf-huruf nama diri)
4. Berdiskusi
bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan yang harus dijaga
5. Diskusi
yang harus dilakukan sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas tubuhnya
6. Berdiskusi
cara berpakaian yang bersih, sopan, dan rapi sebagai bentuk menjaga tubuh
7. Berdoa
sebelum belajar
8. Menggunakan
kata tolong, terima kasih, dan maaf dalam setiap kesempatan yang tepat
9.
Mengenalkan kegiatan
dan aturan yang digunakan bermain.
B. Inti
1. Menyusun
huruf nama diri (area baca tulis)
2. Menyiapkan
sarapan di dapur (area drama)
3. Melukis
dengan cat air (area seni)
4. Bermain
balok (area balok)
Recalling:
1. Merapikan
mainan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila
ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
C. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan selama hari ini
2. Berdiskusi
kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan
kegiatan untuk esok hari
5. Berdoa
setelah belajar.
D. RENCANA
PENILAIAN
1.
Sikap:
a.
Menyadari tubuhnya sebagai ciptaan Tuhan
b.
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.
Pengetahuan dan keterampilan:
a.
Menunjukkan bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain
b.
Menjaga bajunya agar tetap rapi
c.
Dapat berdoa sebelum dan sesudah belajar
d.
Dapat merawat anggota tubuhnya
e.
Dapat menunjukkan huruf awal dari nama anggota tubuh
tolong dong beri contoh protanya aku masih bingung dengan kurikulum k-13 ini
BalasHapusoke,,,
BalasHapusakan saya postingkan nanti ya bu,,, :)
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmb bisa bagi file utk promes ini. saya sgt butuh bgt nih mb. hub saya di (isnaazmut@gmail.com) mohon bantuannya. btw nice post :))
BalasHapusSaya jual satu set program pembelajaran kurtilas semester 1 u/ A dan B. Mulai dr Protap+muatan materi, Prosem, RPPM, RPPM, RPPH dan rangkuman penilaiannya
BalasHapusTertarik bisa inbox di email saya atau di FB saya https://mobile.facebook.com/yeas.manis?ref=bookmarks
BalasHapusalamat emailnya mana
BalasHapussaya suka dengan rpph yang anda buat
BalasHapusbunda,bisa posting RPPH model kolom,sy liat semuanya model narasi
BalasHapusm'sy suka dan butuh banget nih m...apa sy bs mendapatkan promes,rppm dan rpph serta penilaiannya m'..nih email sy m'dewi.maharani19772@gmail.com...m'smoga ilmunya bermanfaat n allah akan mengangkat derajat org2 yang berilmu...smoga m'termasuk didalamnya....amin
BalasHapusbisa minta no WA
BalasHapus