RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TAMAN KANAK-KANAK
KENCANA
Semester/Bulan/Minggu : II/Januari/Minggu ke 3
Tema / Sub Tema : Rekreasi/
Kendaraan
Kelompok :
B
Hari
/Tanggal : Rabu / 20
Januari 2016
KD
|
Materi /Muatan Pembelajaran
|
Rencana Kegiatan
|
1.2.
3.1 – 4.1
2.13 – 4.2
2.6
3.6 - 3.9 -
3.11 - 4.6
2.6
3.10-4.10
3.15
|
1. Jenis kendaraan yang dimiliki
2. Doa sebelum dan sesudah kegiatan
3. Berterimakasih sebagai kebiasan
sopan
4. Kerapihan berpakaian
5. Nama-nama kendaraan, Guna
kendaraan, dan Nama-nama pengemudi
6. Aku senang mengikuti aturan
7. Aku suka mendengar cerita
8. Menyanyi lagu-lagu bertema
kendaraan
9. Membuat mainan dari berbagai media
|
1.
Bercerita tentang kendaraan yang dimilikinya /dilihatnya
/ dinaikinya.
2.
Bermain peran menjadi penumpang yang sopan
3.
Membuat mobil-mobilan dari kardus
4.
Menggambar dengan krayon/spidol
5.
Membuat bentuk mobil dari balok
6.
Menirukan tulisan jenis-jenis kendaraan
7.
Membuat kolase bentuk kereta api dari daun kering
8.
Menghitung jumlah macam-macam kendaraan darat, laut
dan udara.
9.
Menarik garis ke gambar
10. Melipat bentuk mobil
11. Menambah gambar dari lipatan
mobil.
12. Menyanyi lagu bertema kendaraan
13. Bermain puzzle
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
Model Pembelajaran
Kelompok
Semester / bulan/Minggu ke : 1/Januari/3
Hari /
Tanggal
: Rabu / 20 Januari 2015
Kelompok / Usia
: B/5 – 6 Tahun
Tema / Sub Tema
: Rekreasi/Kendaraan
Materi
: Kerapihan berpakaian
Nama-nama kendaraan, Guna kendaraan, dan Nama-nama pengemudi
Doa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan (belajar)
Menyanyi lagu-lagu bertema kendaraan
Membuat mainan dari berbagai media
Aku senang
mengikuti aturan
Kegiatan Main
di
: 1. Bermain
balok membentuk mobil
2.
Melipat bentuk mobil
3.
Menambah gambar tempelan lipatan bentuk mobil
4.
Menyanyi “suara mobilku”
Alat dan bahan : - Set Balok
-
Kertas Lipat, lem dan Lembar Kerja
-
Krayon
PROSES KEGIATAN:
A. Pembukaan
1. Bernyanyi “ Suara
Mobilku”
2. Berdiskusi bagian-bagian mobil dan
fungsinya
3. Diskusi yang harus dilakukan sebagai
rasa terimakasih terhadap Tuhan atas memiliki mobil.
4. Berdiskusi cara duduk dimobil
dan berpakaian dengan bersih, sopan, dan rapi sebagai bentuk menjaga kesopanan.
5. Berdoa sebelum belajar
6. Menggunakan kata tolong, terima kasih,
dan maaf dalam setiap kesempatan yang tepat
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain.
Kegiatan Main :
1. Menyanyi “Suara Mobil” (Kelompok 1)
2. Menyusun balok menyerupai mobil (Kelompok 2)
3. Melipat bentuk mobil (Kelompok 3)
4. Menambah gambar lipatan bentuk mobil (Kelompok 4)
Recalling:
1. Merapikan mainan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama
melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat
harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil
karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat
anak
C. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang
sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi
pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk esok
hari
5. Berdoa setelah belajar.
D. RENCANA PENILAIAN
1. Sikap:
a. Bersyukur akan rejeki yang diberikan
oleh Tuhan
b. Menggunakan kata sopan pada saat
bertanya
2. Pengetahuan dan keterampilan:
a. Menunjukkan
bagian-bagian dan fungsi mobil
b. Menjaga bajunya agar tetap rapi
c. Dapat berdoa sebelum dan
sesudah belajar
d. Dapat merawat kendaraan
yang dimilikinya
e. Dapat menyanyi “suara
mobilku”
sip aku acungi jempoll 4 bundaa....
BalasHapusSIP,MKSH BUNDA
BalasHapus