Kamis, 27 Juli 2017

Hakikat Gambar Seri

Pengertian Gambar Seri
Gambar seri merupakan serangkaian gambar yang terpisah antara satu dengan yang lain tetapi memiliki satu-kesatuan urutan cerita. Gambar seri akan sulit dipahami ketika berdiri sendiri-sendiri dan belum diurutkan. Gambar seri akan memiliki makna setelah diurutkan berdasarkan pola-pola tertentu atau sesuai dengan urutan sebuah cerita.
Kunaefi (2001:13) menjelaskan gambar seri merupakan salah satu bentuk media gambar yang memiliki suatu urutan waktu tertentu yang menggambarkan suatu peristiwa atau kejadian dan dapat pula berbentuk suatu cerita tersusus. Media gambar seri sangat cocok digunakan untuk membentuk pikiran yang teratur.
Dalam kamus Bahasa Indonesia (Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2008:435) gambar adalah tiruan barang (orang, binatang, tumbuhan, dsb) yang dibuat coretan pensil, dan sebagainya pada kertas, dan sebagainya. Sedangkan seri adalah rangkaian berturut-turut. Jadi gambar seri adalah rangkaian tiruan barang (orang, bianatang, tumbuhan, dsb) yang dibuat dengan coretan pensil dsb pada kertas, dan sebagainya yang berturut-turut.
Azhar Arsyad (2009:119) mengungkapkan gambar seri adalah gambar yang merupakan rangkaian kegiatan atau cerita yang disajikan secara berurutan. Siswa menggambar gambar seri secara berurutan sesuai dengan imajinasinya.
Noor, A. Y (dalam Tri Diana Rahmawati, 2007:35) mewakili bahwa gambar seri adalah sejumlah gambar dimana antara gambar yang satu dengan gambar yang lain saling berkaitan antara satu dengan yang lain. Artinya, ketika menceritakan kejadian dalam gambar seri siswa harus memperhatikan urutan kejadian dalam gambar seri yang digambarnya.
Baugh (dalam Sulaiman 1998: 30) mengemukakan tentang perbandingan peranan tiap alat indera. Semua pengalaman belajar yang dimiliki seseorang dapat dipresentasikan yaitu: 90% diperoleh melalui indera lihat, 5% melalui indera dengar, dan 5% melalui indera lain. Pengalaman belajar manusia sebanyak 75% diperoleh melalui indera lihat, 15% melalui indera dengar dan selebihnya indera lain. Bertolak dari yang dikemukakan oleh para ahli di atas mengenai pengalaman belajar lebih banyak diperoleh melalui indera lihat, maka dalam proses belajar mengajar diupayakan penggunaan media visual sebagai alat bantu penyampaian materi pelajaran.

Berdasarkan uraian-uraian yang telah dijelaskan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa menggambar gambar seri adalah kegiatan untuk mengungkapkan apa yang dirasakan dan dialaminya baik mental maupun visual dalam bentuk garis dan warna untuk mengungkapkan ide, angan-angan, perasaan, pengalaman, imajinasi dan yang dilihatnya dengan menggunakan jenis peralatan menggambar tertentu yang digambar secara berurutan. Karena pada umunya semua pengalaman belajar yang dimiliki seseorang 90% diperoleh melalui indera lihat atau visual. Sedangkan kemampuan bercerita pada anak memiliki manfaat yang banyak salah satunya adalah untuk menyalurkan kebutuhan imajinasi dan fantasi sehingga dapat memperluas wawasan dan cara berpikir anak dimana manfaat tersebut adalah termasuk salah satu karakteristik anak. Sedangkan anak yang memiliki kemampuan berimajinasi akan dapat mengantarkan anak menjadi pemikir kreatif yang tentu saja amat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak di masa depan. Agar anak mampu menghadapi dan mencari solusi atas setiap permasalahan yang dihadapinya kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar