Pengertian
Gambar Seri
Gambar seri merupakan serangkaian gambar
yang terpisah antara satu dengan yang lain tetapi memiliki satu-kesatuan urutan
cerita. Gambar seri akan sulit dipahami ketika berdiri sendiri-sendiri dan
belum diurutkan. Gambar seri akan memiliki makna setelah diurutkan berdasarkan
pola-pola tertentu atau sesuai dengan urutan sebuah cerita.
Kunaefi (2001:13) menjelaskan gambar seri
merupakan salah satu bentuk media gambar yang memiliki suatu urutan waktu
tertentu yang menggambarkan suatu peristiwa atau kejadian dan dapat pula
berbentuk suatu cerita tersusus. Media gambar seri sangat cocok digunakan untuk
membentuk pikiran yang teratur.
Dalam kamus Bahasa Indonesia (Tim Penyusun
Kamus Pusat Bahasa, 2008:435) gambar adalah tiruan barang (orang, binatang,
tumbuhan, dsb) yang dibuat coretan pensil, dan sebagainya pada kertas, dan
sebagainya. Sedangkan seri adalah rangkaian berturut-turut. Jadi gambar seri
adalah rangkaian tiruan barang (orang, bianatang, tumbuhan, dsb) yang dibuat
dengan coretan pensil dsb pada kertas, dan sebagainya yang berturut-turut.
Azhar Arsyad (2009:119) mengungkapkan
gambar seri adalah gambar yang merupakan rangkaian kegiatan atau cerita yang
disajikan secara berurutan. Siswa menggambar gambar seri secara berurutan
sesuai dengan imajinasinya.
Noor, A. Y (dalam Tri Diana Rahmawati,
2007:35) mewakili bahwa gambar seri adalah sejumlah gambar dimana antara gambar
yang satu dengan gambar yang lain saling berkaitan antara satu dengan yang
lain. Artinya, ketika menceritakan kejadian dalam gambar seri siswa harus
memperhatikan urutan kejadian dalam gambar seri yang digambarnya.
Baugh (dalam Sulaiman 1998: 30)
mengemukakan tentang perbandingan peranan tiap alat indera. Semua pengalaman
belajar yang dimiliki seseorang dapat dipresentasikan yaitu: 90% diperoleh
melalui indera lihat, 5% melalui indera dengar, dan 5% melalui indera lain.
Pengalaman belajar manusia sebanyak 75% diperoleh melalui indera lihat, 15%
melalui indera dengar dan selebihnya indera lain. Bertolak dari yang
dikemukakan oleh para ahli di atas mengenai pengalaman belajar lebih banyak
diperoleh melalui indera lihat, maka dalam proses belajar mengajar diupayakan
penggunaan media visual sebagai alat bantu penyampaian materi pelajaran.
Berdasarkan uraian-uraian yang telah
dijelaskan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa menggambar gambar seri adalah
kegiatan untuk mengungkapkan apa
yang dirasakan dan dialaminya baik mental maupun visual dalam bentuk garis dan
warna untuk mengungkapkan ide, angan-angan, perasaan, pengalaman, imajinasi dan
yang dilihatnya dengan menggunakan jenis peralatan menggambar tertentu yang
digambar secara berurutan. Karena pada umunya semua pengalaman belajar
yang dimiliki seseorang 90% diperoleh melalui indera lihat atau visual.
Sedangkan kemampuan bercerita pada anak memiliki manfaat yang banyak salah
satunya adalah untuk menyalurkan
kebutuhan imajinasi dan fantasi sehingga dapat memperluas wawasan dan cara
berpikir anak dimana manfaat tersebut adalah termasuk salah satu karakteristik
anak. Sedangkan anak yang memiliki kemampuan berimajinasi akan dapat
mengantarkan anak menjadi pemikir kreatif yang tentu saja amat bermanfaat bagi
tumbuh kembang anak di masa depan. Agar anak mampu menghadapi dan mencari
solusi atas setiap permasalahan yang dihadapinya kelak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar